Home » » Athletic Bilbao Imbangi Barcelona 2-2

Athletic Bilbao Imbangi Barcelona 2-2


Athletic Bilbao merusak peluang Barcelona untuk angkat trofi akhir pekan ini setelah mengimbangi raksasa Catalan 2-2 berkat gol telat Ander Herrera di hadapan publik San Mames, Minggu (28/4) dinihari WIB.

Tampil sebagai tuan rumah, Athletic bermain apik sepanjang babak pertama dan berhasil membendung serangan skuat Tito Vilanova. Mereka bahkan unggul terlebih dahulu melalui gol Markel Susaeta.

Vilanova menurunkan senjata ampuhnya, Lionel Messi, di pertengahan babak kedua, yang terbukti sukses mengubah ritme permainan Azulgrana. Striker Argentina menyamakan kedudukan di menit 67 sebelum melepaskan assist yang berujung pada gol Alexis Sanchez, dua menit berselang.

Sayang, kemenangan Barca yang sudah di depan mata harus pupus setelah Ander Herrera menggetarkan gawang Victor Valdes di penghujung laga usai menyambar bola rebound di dalam kotak.

Babak pertama

Athletic Bilbao mengawali laga dengan gemilang lewat tekanan mereka terhadap lini pertahanan Barcelona. Bahkan, Aritz Aduriz nyaris mencetak gol pembuka ketika laga baru berjalan lima menit, menyusul umpan silang Oscar De Marcos ke depan gawang Victor Valdes. Sayang, Aduriz tidak mampu mencapai bola untuk dikonversikan menjadi gol.

Skuat besutan Marcelo Bielsa melakukan tugas mereka dengan baik dan berhasil membendung permainan Barca, yang tidak bisa menurunkan Lionel Messi malam ini.

Namun, perlahan tapi pasti, armada Blaugrana mulai menemukan irama permainan mereka dan balik menekan kubu tuan rumah. Kerja sama Cesc Fabregas dan Alexis Sanchez nyaris membawa mereka unggul di menit 16. Sialnya, tendangan Alexis dari depan kotak masih membentur tiang gawang.

Xavi Hernandez juga berpeluang membawa Barca unggul di menit 26 setelah menerima sodoran bola dari Alexis. Sayang, tendangan Xavi masih melebar di sisi gawang.

Hanya satu menit berselang, publik San Mames akhirnya bergemuruh ketika Markel Susaeta memecah kebuntuan.

Berawal dari pergerakan Aduriz, bola diterima Susaeta yang segera melepaskan tendangan ke gawang Valdes. Bola masih membentur mistar, namun Susaeta yang berada di depan gawang segera menyambar bola dan menjebol gawang Valdes.

Aduriz nyaris menggandakan keunggulan di penghujung babak pertama menyusul umpan cantik De Marcos ke dalam kotak. Akan tetapi, tandukan Aduriz masih meleset dari target. Alhasil, kedudukan 1-0 untuk Athletic bertahan hingga turun minum.

Babak kedua

Tito Vilanova melakukan pergantian pemain pertamanya dengan menurunkan Adriano untuk mengisi tempat Eric Abidal di babak kedua.

Barca masih kesulitan membongkar pertahanan Los Leones. Tim tamu sempat menuntut hadiah penalti dari wasit ketika Alexis terlihat dijatuhkan di kotak terlarang oleh Borja Ekiza. Namun, wasit tidak mengacuhkan permintaan itu dan memberikan tanda untuk melanjutkan laga.

Anak-anak asuh Marcelo Bielsa kembali berpeluang mencuri gol di menit 55 ketika Susaeta melepaskan tendangan bebas yang melengkung cantik ke arah gawang Valdes. Beruntung bagi Barca, bola masih membentur mistar.

Mikel San Jose menyambar bola rebound dan mencoba peruntungannya. Akan tetapi, bola hanya bersarang di pinggir gawang.

Sadar timnya kesulitan melepaskan diri dari tekanan tuan rumah, Vilanova akhirnya menurunkan Lionel Messi untuk menggantikan Xavi di menit 59. Keputusan itu terbukti tepat, setelah La Pulga membawa Barca menyamakan kedudukan hanya delapan menit usai diturunkan.

Messi menampilkan skill individu fantastis kala mengelabui kawalan Athletic di tepi kotak dengan melewati penjagaan Ander Herrera, Carlos Gupergi dan San Jose sebelum menggetarkan jala gawang Gorka Iraizoz.

Sindrom Messi-Depedencia kubu Azulgrana tampaknya belum akan berakhir dalam waktu singkat. Pasalnya, mega bintang Argentina kembali memberikan kontribusi penting untuk mengantarkan Barca berbalik unggul, dua menit setelah gol cantiknya.

Dani Alves menyodorkan bola kepada Messi, yang segera meneruskannya kepada Alexis lewat tandukan kepalanya. Alexis pun tidak menemui kesulitan berarti untuk menjebol gawang Iraizoz sekaligus membawa Barca unggul 2-1.

Tidak lama, Bielsa pun melakukan sejumlah pergantian pemain guna mengatasi kebangkitan Barca di babak kedua. Salah satunya dengan menurunkan Fernando Llorente yang menggantikan Aritz Aduriz.

Ketika laga tampaknya akan berakhir dengan kemenangan Barcelona, Herrera mengejutkan tim tamu untuk membawa Athletic menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Umpan silang De Marcos ke depan gawang berhasil dibuang oleh Adriano, namun bola rebound jatuh di kaki Herrera yang segera menghujamkan bola ke dalam gawang Valdes.

Susunan pemain:

Athletic Bilbao: Iraizoz; Iraola, Ekiza, San Jose, Aurtenetxe; Gurpegi, Herrera DeMarcos; Susaeta, Aduriz, Muniain

Barcelona:  Valdés; Alves, Piqué, Abidal, Alba; Song, Thiago, Xavi, Pedro, Fàbregas, Alexis

OLEH : DEFANIE ARIANTI
Source : goal.com 

0 komentar:

Posting Komentar